Prinsip Kerja Freezer Kulkas

Kebutuhan akan pendingin yang mana digunakan untuk mengawetkan makanan ataupun untuk keperluan menyimpan bahan-bahan kimia mendorong terciptanya freezer. Pada dasarnya prinsip kerja dari freezer adalah memanfaatkan sifat dari gas freon yang suhunya akan menjadi rendah bila tekanannya juga rendah.

Prinsip kerja dari freezer adalah sebagai berikut :
Kompresor memompakan gas freon dengan tekanan yang tinggi dan temperatur yang tinggi. Lalu gas freon dikirim ke kondensor untuk dibuang kalornya agar freon dapat berubah bentuk menjadi cair akan tetapi tekanannya masih tinggi. Freon cair ini terus masuk ke pipa kapiler dengan terlebih dahulu disaring dari kemungkinan kotoran yang ikut terbawa. Dari pipa kapiler ini freon cair diuapkan oleh evaporator yang mana sebelumnya melewati katup ekspansi. Didalam evaporator tekanan dan temperature freon rendah sekali sehingga freon kembali ke dalam bentuk gas. Freon yang telah berbentuk gas ini akan masuk ke saluran hisap untuk disirkulasikan ulang oleh kompresor.

Dibawah ini adalah bagian-bagian dan fungsi dari freezer:
Kompresor
Kompresor merupakan suatu alat yang digunakan sebagai penekan gas freon sehingga tekanannya menjadi tinggi.
Kondensor
Kondensor berfungsi untuk membuang kalor dari freon sehingga freon berubah bentuk dari gas menjadi cair.
Filter
Filter berfungsi untuk menyaring freon dari kemungkinan kotoran yang ikut terbawa freon.
Pipa kapiler
Pipa kapiler berfungsi untuk menghasilkan tekanan yang tinggi ketika Freon berbentuk cair.
Expanding Valve
Expanding valve berfungsi untuk mengatur banyaknya Freon yang masuk ke evaporator.
Evaporator
Evaporator merupakan tempat penguapan Freon cair menjadi gas sehingga temperature freon menjadi rendah.
Thermostat
Thermostat berfungsi untuk mengatur temperatur dari freezer.
Akumulator
Akumulator berfungsi untuk menampung bahan pendingin cair.

Adapun juga jenis-jenis kulkas dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Jenis non frezer
Lemari es (kulkas) di rumah kita digolongkan nonfrezer apabila bagian di dalam lemari es tidak hanya evaporator (bagian pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di bagian atas dan ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkas dua pintu dan seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar dibandingkan evaporator kulkas satu pintu. Temperatur dingin pada rak-rak dibawah evaporator, sebenarnya berasal dari hembusan udara dingin dari evaporator. Bagian rak ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.

2. Jenis frezer
Lemari es freezer dapat membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi es di setiap bagiannya. Biasanya, lemari es jenis ini digunakan untuk kegiatan wirausaha , seperti penjual es batu atau es lilin. Tidak seperti kulkas biasanya kulkas freezer memiliki evaporator di setiap raknya. Jadi kulkas freezer mampu membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es nonfreezer.

3. Jenis door glass refrigerator.
Kulkas pintu kaca termasuk jenis kulkas nonfreezer. Kulkas jenis ini digunakan khusus untuk menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari kaca, memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur yang dihasilkan oleh kulkas pintu kaca berkisar antara 10°-16° celcius. Kulkas ini tidak membekukan minuman yang ada di dalamnya, tetapi hanya mendinginkannya atau menyegarkannya.

Freezer kulkas juga dapat rusak apabila kita tidak merawatnya dengan baik. Berikut ini adalah kerusakkan yang sering terjadi pada freezer diantaranya:
Pipa Kapiler Buntu
pipa kapiler merupakan salah satu dari expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan, pipa kapiler berbentuk seperti pipa tembaga tetapi diameter lubangnya lebih kecil. Pada mesin pendingin sering terjadi kebuntuan pada pipa kapiler tetapi pada freezer kemungkinan buntu lebih besar sebab diameter pipa kapiler pada freezer lebih kecil dibandingkan dengan mesin pendingin lainnya. Gejala yang ditimbulkan akibat buntu pipa kapiler diantaranya arus listrik besar tetapi tidak dingin dan ada bunyi brisik pada pipa kapiler jika dibiarkan dapat mengakibatkan kompresor rusak. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengantian kapiler dan pembersihan sistem refrigran.

Sistem Refrigran Kotor
freezer memiliki kondensor dan evapurator yang lebih panjang dibanding dengan mesin pendingin lainnya oleh sebab itu sering terjadi pengendapan oli pada kondensor dan evaporator, oli yang mengendap terlalu lama akan berubah menjadi semacam lumpur yang pekat. Adanya kotoran pada kondensor dan evapurator mengakibatkan pembuangan dan penyerapan panas menjadi terhambat sehingga freezer tidak dingin. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan sistem refrigran dan penggantian oli.

Demikian cara kerja freezer kulkas yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat!! Butuh tukang service kulkas segera hubungi kami.

Incoming search terms:

  • cara kerja freezer box
  • cara kerja freezer
  • prinsip kerja kulkas
  • cara kerja freezer kulkas
  • prinsip kerja thermostat freezer
  • prinsip kerja Frizeer box
  • apakah tekanan priser itu besar?
  • Prinsip kerja freezer es walls
  • prinsip kerja freezer
  • prinsip kulk

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *